TAKENGON (STAINGPA) - Senat mahasiswa (SEMA) menyelenggarakan sekolah legislatif, Selasa (06/11/2018).

Bertempat di Sekretariat SEMA Gedung C Sekolah tinggi Agama Islam Negeri Gajah Putih Takengon, cara tersebut digelar mulai pukul 08.00 sampai 12.15 WIB.

Kegiatan tersebut diikuti puluhan mahasiswa/i, khususnya perwakilan dari organisasi mahasiswa (ORMAWA), dan para komisaris dari semua jurusan.

Ketua SEMA Ariga Syah Andika mengatakan, sekolah legislatif ini bukanlah kali pertamanya diadakan karena kegiatan ini merupakan program wajib SEMA yang dilaksanakan pada setiap tahunnya.

"Acara ini bertujuan untuk menambah wawasan hukum, ketatanegaraan, menjadikan mahasiswa sebagai pelopor dalam masalah hukum, dan meningkatkan keterampilan legislatif mahasiswa, " katanya.

Lebih lanjut dia berharap dengan adanya acara ini bisa menambah wawasan tentang hukum dan ketatanegaraan serta menghidupkan lembaga Legislatif di kampus.

Turut hadir dalam kegiatan ini Wakil Ketua III Ramdansyah Fitrah, M. Si. Dalam sambutannya dia mengatakan mahasiswa harus memahami peran legislatif tidak hanya pada dunia kampus.

"Mahasiswa diharapkan mampu memahami legislatif dan peran legislatif dalam mewujudkan generasi yang intelek dalam dunia kampus dan non kampus," pungkasnya.

Dr. Al Misry, MA, yang merupakan pemateri tunggal dalam kegiatan itu menyampaikan SEMA sebagai unsur legislatif kampus memiliki tiga fungsi utama.

"Sebagai satu organisasi yang bergerak dibidang legislatif, SEMA sendiri mempunyai tiga fungsi utama yaitu fungsi legilasi, fungsi anggaran, dan fungsi pengawasan," ujar dosen STAIN yang pernah menjabat sebagai anggota DPRK Aceh Tengah itu. (Humas) 

 

Kontributor : Maulidayanti 

Lainnya :